Tumbuh kembang anak sangat tergantung pada cara dan strategi orang tua dalam mendidik anak. pertumbuh kembangan anak yang baik akan terjadi jika orang tua mampu mendidik dengan cara yang tepat. Anak adalah kertas putih yang akan sangat tergantung pada  jenis tinta yang dilukiskan pada kertas tersebut. kita tidak akan bisa memaksimalkan tumbuh kembang yang baik pada anak jika kita tidak mendidik anak dengan tepat.

Anak adalah harta dari negara dan merupakan titipan bagi orang tua dan mendidik mereka dengan cara yang baik dan tepat akan menghasilkan generasi yang gemilang. Karena tumbuh kembang pada  anak bukan sesuatu yang bersifat diturunkan tetapi merupakan sesuatu yang bersifat dibentuk.

Masalah Tumbuh Kembang Anak

Namun ada banyak dari orang tua yang masih belum memahami tentang cara mendidik yang tepat dan bagaimana cara yang tepat untuk mendidik anak. Seperti yang kita tahu bahwa masih banyak orang tua yang tidak memiliki pengetahuan yang khusus dan memadai untuk mendidik anak. Padahal seperti kita tahu bahwa pengetahuan tentang cara mendidik anak merupakan pengetahuan yang mutlak dimiliki oleh orang tua. Minimnya pengetahuan tentang cara dan metode mendidik anak membuat orag tua sering menggunakan cara yang keliru sehingga tidak memaksimalkan tumbuh kembang anak. Dan berikut adalah perilaku yang akan memaksimalkan tumbuh kembang anak dengan baik:

  1. Metode reward and punishman. Metode ini adalah metode yang sangat mendidik bagi anak-anak. Dimana memberi hadiah jika anak berprestasi dan memberi hukuman jika anak salah akan mengembangkan tumbuh kembang pada anak menjadi sosok yang bertanggung jawab dan kompetitif. Anak akan memiliki tanggung jawab pada setiap langkah dan perilaku yang mereka lakukan karena memiliki pemahaman tentang konsekuensi. Selain itu anak juga akan memiliki jiwa kompetitif yang tinggi.
  2. Mengajari anak menabung sejak dini. Cara mendidik ini akan membuat anak memiliki tanggung jawab terhadap ekonomi yang mereka miliki. Anak akan menghargai setiap uang yang mereka miliki dan terhindar dari perilaku konsumtif. Mengenalkan skala rioritas pada anak juga menjadi pelengkap dimana anak mulai diperkenalkan untuk memanagemen uang yang mereka miliki dengan skala prioritas dan kebiasaan menabung.
  3. Mengenalkan nilai agama sejak dini. Nilai agama kan menjadi pilar utama yang dimiliki oleh anak untuk menjaga moral dan membangun mental yang jujur dan takut terhadap tuhan. Mengenalkan nilai-nilai agama sejak ini akan sangat membantu pada kehidupan anak selanjutnya. Anak akan tumbuh menjad pribadi yang jujur, selalu bersyukur dan tidak perbah sombong.
  4. Mengajari anak melakukan hal hal sederhana. Mengajarkan anak untuk membuang sampah sendiri, menyapu, maupun hanyasekedar cuci tangan sendiri dan mengerjakan hal sederhana lain akan membentuk karakter anak yang mandiri dan tidak semena-mena. Mereka akan memiliki pemahaman tentanh kewajiban yang harus mereka miliki dan tidak seenaknya mengandalkan orang lain.
  5. Tidak memanjakan anak. Memanjakan yang dimaksud adalah memberikan apapun dan selalu membela anak tanpa melihat konteks yang terjadi. Karena perilaku tersebut akan membuat anak berlaku seenaknya dan tidak menghargai lingkungannya. Selain itu anak juga tidak akan memiliki pemahaman tentang hak dan kewajiban mereka.

 

Dengan kata lain metode mendidik akan sangat berpengaruh pada kehidupan tumbuh kembang anak. Pemilihan dan pengetahuan yang baik tentang cara mendidik anak sangat mutlak dimiliki. Seprti halnya distributor gizidat katakan.

Categories: Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *