Kolesterol dan darah tinggi merupakan penyakit yang seringkali diderita oleh orang dewasa dan lanjut usia. Namun di jaman sekarang ini penyakit ini bisa menyerang siapapun bahkan usia yang terbilang masih anak – anak.

Biasanya darah tinggi ini disebabkan oleh emosi dari seseorang yang naik dan menyebabkan stress dan menjadikan pola hidup dan pola istirahat menjadi kacau sehingga menyebabkan kadar darah nya naik.

Jenis Penyakit Darah Tinggi

  1. Tekanan Darah Tinggi Resisten. Dikatakan resisten disini jika penderita telah diberikan 3 jenis obat namun masih saja tidak mampu menurunkan tekanan darah tinggi nya maka akan diberikan obat jenis ke empat.
  2. Tekanan darah tinggi Maligna. Jenis darah tinggi yang satu ini adalah jenis yang paling berbahaya. Dalam kurun waktu 5 tahun jika penyakit jenis ini tidak segera diobati maka resiko kematiannya akan sangat tinggi karena jenis ini dapat merusak kinerja jantung, ginjal, bahkan otak. Pengobatan untuk jenis ini dapat dilakukan secara intensif.
  3. Tekanan Darah Tinggi Primer. Nah untuk jenis ini biasanya darah tinggi disebabkan karena faktor keturunan, gaya hidup, berat badan, dan lain-lain.
  4. Tekanan Darah Tinggi Sekunder. Untuk jenis ini biasanya disebabkan karena adanya akibat yang timbul dari kondisi tertentu seperti adanya penyakit ginjal, tumor, gangguan kehamilan dan lainnya yang bisa memicu terjadinya jenis darah tinggi sekunder ini.

 

Penyebab Meningkatnya Darah Tinggi

  1. Umur merupakan faktor yang paling utama yang bisa menyebabkan penyakit darah tinggi ini muncul. Umur ini dapat menyebabkan pembuluh darah anda menjadi tidak elastis. Umunya 60% orang berusia 60 tahun memiliki tekanan darah tinggi.
  2. Rokok dikenal dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan strok. Namun selain itu rokok juga ternyata dapat menyebabkan tekanan darah tinggi naik. Resiko tekanan darah tinggi ini lebih besar daripada orang yang tidak merokok.
  3. Kelebihan Berat Badan. Nah faktor yang satu ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Resiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor ini mencapai 6% setiap tahunnya.
  4. Kurangnya Aktifitas. Kebanyakan orang yang kurang beraktifitas atau kurang bergerak dapat meningkatkan resiko darah tinggi ini hingga mencapai 3-4 mmHg.

Nah untuk mengurangi resiko terkena darah tinggi maka ada beberapa tips menurunkan darah tinggi yang mungkin akan banyak membantu anda diantaranya :

  1. Menurunkan berat badan yang berlebihan. Seiring naiknya berat badan maka tekanan darah kita juga bisa naik. Dengan menurunkan berat badan maka bisa dipastikan resiko mengalami darah tinggi akan berkurang. Utamanya bagi anda yang kelebihan kandungan lemak pada tubuh anda maka hal itu akan menyebabkan resiko yang tinggi untuk terserang darah tinggi ini.
  2. Olahraga secara teratur. Lebih baik bagi anda untuk melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari dari pada melakukan olahraga berat namun hanya dalam waktu 2-3 hari saja. Dengan olahraga secara ruti selama selang waktu 30-60 menit setiap hari nya maka hal ini akan ampuh menurunkan resiko anda terkena darah tinggi ini.
  3. Konsumsi makanan dan minuman sehat. Makanan dan minuman yang dianjurkan untuk mengurangi resiko kita terkena darah tinggi ini adalah makanan dan minuman seperti makanan yang mengandung biji – bijian, buah – buahan, sayuran, dan susu rendah lemak. Jangan lupa pula untuk sering minum air putih setiap hari. Karena air putih dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

 

Jadi bersama – sama membiasakan pola hidup yang sehat. Agar kita terhindar dari tingginya resiko terkena tekanan darah tinggi ini. Tips di atas juga bisa anda jadikan untuk mengurangi resiko terkena kolesterol sebagai ganti obat kolesterol alami yang di konsumsi oleh penderita kolesterol pada umumnya. Hal ini merupakan langkah pencegahan.

Categories: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *